KELAS: X
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
||
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menghargai tubuh dengan seluruh
perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai
1.2
Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus
dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta
|
||
2.
Mengembangkan perilaku
(jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai,
responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia
|
2.1
Berperilaku sportif dalam bermain
2.2
Bertanggung jawab terhadap keselamatan
dan kemajuan diri sendiri dan orang lain, lingkungan sekitar, serta dalam
penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran
2.3
Menghargai perbedaan karakteristik
individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik
2.4
Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam
melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan
2.5
Toleransi dan mau berbagi dengan teman
lain dalam penggunaan peralatan dan kesempatan
2.6
Disiplin selama melakukan berbagai
aktivitas fisik
2.7
Belajar menerima kekalahan dan
kemenangan dalam permainan
2.8
Memiliki perilaku hidup sehat
|
||
3.
Memahami dan menerapkan
pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural dalamilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
3.1
Menganalisis dan memilih makanan dan minuman yang sehat
3.2
Memahami
dan menganalisis jenis-jenis dan
penggolongan NARKOBA
3.3
Mengenal
struktur, fungsi, kelainan, penyakit dan cara pencegahannya pada alat
reproduksi pria dan wanita
3.4
Menganalisis
perilaku hidup sehat dan pemanfaatan waktu luang untuk kesehatan
3.5
Menganalisis variasi dan
kombinasi keterampilan salah satu
permainan bola besar untuk peningkatan keterampilan
3.6
Menganalisis variasi dan
kombinasi salah satu keterampilan permainan bola kecil untuk peningkatan keterampilan
3.7
Menganalisis variasi dan
kombinasi keterampilan nomor-nomor atletik (jalan dan lari) untuk peningkatan
keterampilan
3.8
Menganalisis variasi dan
kombinasi keterampilan olahraga
beladiri untuk penampilan
yang lebih baik
3.9
Menganalisis
dua jenis gerak dasar senam ketangkasan (dengan alat) untuk menghasilkan
keterampilan yang lebih baik
3.10
Menganalisis
variasi dan kombinasi rangkaian aktivitas gerak berirama untuk menghasilkan
keterampilan yang lebih baik
3.11
Menganalisis
tes dan derajat kualitas 6 (enam) komponen kebugaran jasmani terkait dengan
keterampilan berdasarkan instrumen yang dipakai
3.12
Menganalisis
gerak dasar salah satu gaya renang
untuk menghasilkan keterampilan yang lebih baik dan menganalisis tindakan penyelamatan di
air*
|
||
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
4.1
Mempraktikkan variasi dan
kombinasi keterampilan dalam memainkan salah satu permainan bola besar dengan
koordinasi gerak yang baik
4.2
Mempraktikkan variasi dan
kombinasi keterampilan dalam memainkan salah satu permainan bola kecil dengan
koordinasi gerak yang baik
4.3
Menyajikan peragaan
peningkatan variasi dan kombinasi keterampilan dalam melakukan nomor-nomor
atletik (jalan dan lari) dengan alat, dan
lapangan yang disederhanakan
4.4
Menyajikan peragaan
peningkatan variasi dan kombinasi keterampilan dalam peragaan olahraga
beladiri dengan kelancaran dan koordinasi gerak yang baik
4.5
Menyajikan peragaan dua jenis gerak
dasar senam ketangkasan (dengan alat) secara koordinatif
4.6
Menyajikan peragaan
peningkatan variasi dan kombinasi rangkaian aktivitas gerak berirama secara
koordinatif dan intensitas yang meningkat
4.7
Memperagakan latihan 6 (enam)
komponen kebugaran jasmani menggunakan alat serderhana terkait dengan
keterampilan berdasarkan instrumen yang dipakai
4.8
Mempraktikkan keterampilan
salah satu dari empat gaya renang dengan koordinasi yang baik dan dengan
jarak tertentu Mempraktikkan teknik penyelamatan kecelakaan di air dengan
menggunakan peralatan yang ada (tali, pelampung, galah, skoci dan lain
sebagainya)
|
||
KELAS: XI
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menghargai tubuh dengan seluruh
perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai
1.2
Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus
dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta
|
|
2.
Mengembangkan perilaku
(jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai,
responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia
|
2.1
Berperilaku sportif dalam bermain
2.2
Bertanggung jawab terhadap keselamatan
dan kemajuan diri sendiri dan orang lain, lingkungan sekitar, serta dalam
penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran
2.3
Menghargai perbedaan karakteristik
individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik
2.4
Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam
melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan
2.5
Toleransi dan mau berbagi dengan teman
lain dalam penggunaan peralatan dan kesempatan
2.6
Disiplin selama melakukan berbagai
aktivitas fisik
2.7
Belajar menerima kekalahan dan
kemenangan dalam permainan
2.8
Memiliki perilaku hidup sehat
|
|
3.
Memahami, menerapkan, dan
menjelaskan pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif dalamilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
3.1
Menganalisis
dampak yang diakibatkan oleh kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol terkait dengan aktivitas fisik
3.2
Memahami dampak yang
diakibatkan oleh seks bebas terhadap dirinya, keluarga dan masyarakat luas
berdasarkan moral serta bertanggung-jawab dalam menerapkan etika yang berlaku
3.3
Memahami
bahaya, penularan, dan cara mencegah HIV dan AIDS
3.4
Menganalisis
perencanaan program kesehatan pribadi
3.5
Mengkategorikan
dan menyusun pola gerak keterampilan beserta peraturannya salah satu
permainan bola besar
3.6
Mengkategorikan
dan menyusun pola gerak keterampilan beserta peraturannya salah satu
permainan bola kecil
3.7
Mengkategorikan
dan menyusun pola gerak keterampilan nomor-nomor atletik (lompat jauh dan
lompat tinggi)
3.8
Mengkategorikan
dan menyusun pola gerak keterampilan olahraga beladiri
3.9
Mengkategorikan
dan menyusun pola gerak keterampilan senam ketangkasan (dengan alat)
3.10
Mengkategorikan
dan menyusun pola gerak keterampilan rangkaian gerak berirama
3.11
Mengkategorikan
dan menyusun komponen kebugaran untuk kesehatan dan keterampilan
3.12
Mengkategorikan
dan menyusun pola gerak keterampilan dasar dari empat gaya renang untuk
tujuan penyelamatan serta tindakan pertolongan kecelakaan di air
|
|
4.
Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif
dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
4.1
Mengukur keterampilan
empat permainan bola besar, menyusun rencana perbaikan keterampilan, dan
mempraktikkannya dalam permainan yang sesungguhnya
4.2
Mengukur keterampilan
empat olahraga nomor-nomor atletik (lompat jauh dan lompat tinggi), menyusun
rencana perbaikan keterampilan, dan mempraktikkannya dalam permainan yang
sesungguhnya
4.3
Mempraktikkan strategi
dalam pertarungan bayangan (shadow
fighting) olahraga beladiri dengan kelancaran dan koordinasi gerak yang
baik
4.4
Mengukur keterampilan dua
jenis gerak dasar senam ketangkasan (dengan dua alat), menyusun rencana
perbaikan keterampilan, dan mempraktikkannya dalam permainan yang
sesungguhnya
4.5
Mengukur keterampilan
rangkaian gerak (koreografi) aktivitas gerak berirama), menyusun rencana
perbaikan keterampilan, dan mempraktikkannya dalam permainan yang
sesungguhnya
4.6
Mengukuran derajat
kualitas komponen kebugaran jasmani terkait kesehatan dan keterampilan menggunakan
instrumen yang dipilih
4.7
Menyajikan peragaan
dasar-dasar renang untuk penyelematan kegawat daruratan di air dan mensimulasikan keterampilan dasar
dalam upaya memberikan pertolongan pada saat kejadian di air termasuk sistim
Resusitasi Jantung dan Paru (RJP)
|
|
KELAS: XII
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menghargai tubuh dengan seluruh
perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai
1.2
Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus
dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta
|
2.
Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli, santun, ramah lingkungan,
gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif),
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
bangsa, serta memosisikan diri sebagai agen transformasi masyarakat dalam
membangun peradaban bangsa dan dunia
|
2.1
Berperilaku sportif dalam bermain
2.2
Bertanggung jawab terhadap keselamatan
dan kemajuan diri sendiri dan orang lain, lingkungan sekitar, serta dalam
penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran
2.3
Menghargai perbedaan karakteristik
individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik
2.4
Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam
melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan
2.5
Toleransi dan mau berbagi dengan teman
lain dalam penggunaan peralatan dan kesempatan
2.6
Disiplin selama melakukan berbagai
aktivitas fisik
2.7
Belajar menerima kekalahan dan
kemenangan dalam permainan
2.8
Memiliki perilaku hidup sehat
|
3.
Memahami, menerapkan, dan
menjelaskan pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif dalamilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untukmemecahkan masalah
|
3.1
Memahami
berbagai peraturan perundangan serta konsekuensi hukum bagi para pengguna dan
pengedar NARKOBA
3.2
Menunjukkan pemahaman
terhadap beberapa faktor (seperti sikap, gender, dan kepercayaan tentang
peranan gender dan seksualitas) yang
dapat mencegah perilaku terkait yang menjurus kepada STDS, AIDS dan
kehamilan)
3.3
Menganalisis
dampak dan penanggulangan yang diakibatkan oleh Penyakit Menular Seksual
(PMS) terhadap diri sendiri, keluarga dan masyarakat
3.4
Mengevaluasi efektivitas
strategi permainan (menyerang dan bertahan) salah satu permainan bola besar
yang disusun sesuai peraturan permainan
3.5
Mengevaluasi efektivitas
strategi permainan (menyerang dan bertahan) salah satu permainan bola kecil
yang disusun sesuai peraturan permainan
3.6
Mengevaluasi efektivitas
strategi dalam simulasi perlombaan nomor-nomor atletik yang disusun sesuai
peraturan
3.7
Mengevaluasi efektivitas
strategi permainan (menyerang dan bertahan) olahraga beladiri yang disusun
sesuai peraturan permainan
3.8
Menerapkan prinsip-prinsip
merangkai gerakan senam lantai dan mengevaluasi kualitas gerakan (execution) senam ketangkasan (menggunakan alat)
yang dirangkai
3.9
Menerapkan pengetahuan
tentang koreografi aktivitas gerak berirama, serta mengevaluasi kualitas
gerakan (execution), dan nilai estetika seluruh
rangkaian
3.10
Menerapkan prinsip-prinsip
pengembangan program peningkatan kualitas kebugaran jasmani, dan mengevaluasi
kualitas kebugaran jasmani yang terkait dengan kesehatan dan keterampilan
3.11
Menganalisis
gerakan keterampilan 3 gaya renang dan menganalisis pengetahuan
tentang renang penyelamatan dan pertolongan kegawatdaruratan di air, serta
tindakan lanjutan di darat
|
4.
Mengolah, menalar,
menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta
bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
|
4.1
Menyusun
rencana, memperagakan, dan
menganalisis strategi permainan (menyerang dan bertahan) salah satu permainan
bola besar dengan waktu, jumlah pemain, terstandar
4.2
Menyusun
rencana, memperagakan, dan
menganalisis strategi permainan (menyerang dan bertahan) salah satu permainan
bola kecil dengan waktu, jumlah pemain terstandar
4.3
Menyusun
rencana, memperagakan, dan
menganalisis strategi dalam simulasi perlombaan nomor-nomor atletik (jalan
cepat, lari,lompat, dan lempar) dengan alat, terstandar
4.4
Menyusun
rencana, memperagakan, dan
menganalisis strategi permainan
(menyerang dan bertahan) dalam simulasi pertarungan olahraga bela diri
4.5
Menyusun
rencana, memperagakan, dan
menganalisis dua rangkaian senam
ketangkasan dengan menggunakan alat (masing-masing tiga hingga lima gerak dasar) secara koordinatif
4.6
Menyusun
rencana, memperagakan, dan
menganalisis lima rangkaian aktivitas gerak berirama (masing-masing tiga
hingga lima gerak) secara koordinatif dan berbagai intensitas
4.7
Menyusun
program peningkatan serta mengevaluasi derajat kebugaran jasmani terkait
kesehatan dan keterampilan secara pribadi berdasarkan instrumen yang dipakai
4.8
Memperagakan dan mempraktikkan keterampilan 3 gaya renang dan memperagakan renang penyelamatan dan pertolongan kegawat
daruratan di air, serta tindakan lanjutan di darat
|
0 komentar:
Posting Komentar